..::Sumedang mangrupa dayeuh puseurna budaya sunda. Berbagi info dan berita maupun keadaan sumedang yang disajikan secara khas, unik dan atraktif..::

Minggu, April 8

5 Fakta Unik Tentang Tahu Sumedang


SONY DSCBarusan Udet coba cari di om gugel ternyata ga ada yang bahas soal fakta tahu sumedang, huh sayang sekali padahal Udet pengen tahu fakta unik tentang tahu sumedang,,, Nah pada kesempatan kali ini Udet bakal posting tentang fakta2 unik tentang Tahu Sumedang, mangga akang n teteh regepkeun:




1. Tahu Sumedang itu Kotak
Jangan Dibuka:
b1bc0833528620X310

Tahu Sumedang bentuknya kotak, pernah denger juga sii ada tahu bulat berarti itu bukan dari sumedang,,,, hehe



2. Tahu berasal dari bahasa Tionghoa
Jangan Dibuka:
tionghoa

 Kata tahu berasal dari bahasa Tionghoa dari Hokkuan, China yakni “Tao Hu” yang maknanya (Tao artinya kacang, hu berarti lumat) atau sebagian China menyebut tahu sebagai daging tidak bertulang. Yang namanya daging yaa emang ga bertulang, cape dech???




3. Tahu bukan berasal dari Indonesia
Jangan Dibuka:
Tahu 02
Penemu Tahu Sumedang ialah dari imigran asal china yaitu Ongkino, dan usahanya dilanjutkan oleh anak tunggalnya Ong Bung Keng sejak tahu 1917. Beliau terus melanjutkan usaha yang diwariskan dari kedua orang tuanya hingga akhir hayatnya di usia 92 tahun. Wih gila udah 1 abad lebih donk tahu sumedang eksis di dunia ini….



4. Bahwa Bupati Sumedang yang di juluki “Pangeran Mekkah” pernah makan tahu
Jangan Dibuka:
COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Portret_van_Pangeran_Aria_Soeria_Atmadja_Regent_van_Soemedang_TMnr_60009959


Bahwa tahu sumedang dulu pernah didatangi Bupati Sumedang ke-20 yakni Pangeran Aria Soeriatmadja (1883-1919) dan beliau berkata ”Ngeunah ieu kadaharan teh. Mun dijual pasti payu (Makanan ini enak. Kalau dijual pasti laku).” Pantes aja tahu sumedang laris ada petuah dari Pa Bupati sih,,hee




5. Tahu Sumedang kaya akan protein dan kalsium
Jangan Dibuka:
180px-tahu_sumedang2Tahu Sumedang mempunyai daya cerna yang tinggi. Nilai gizi tahu dapat melengkapi kebutuhan gizi seseorang per hari. Bahkan kandungan protein dan kalsiumnya lebih tinggi daripada kedelai. Hal ini terjadi karena pada proses pembuatan tahu dipergunakan kalsium (dalam bentuk CaSO4) sebagai bahan penggumpal. Tahu juga mengandung mineral natrium yang tidak dimiliki kedelai. Selain itu tahu mengandung bermacam vitamin (kecuali D dan E) dan juga sumber mineral penting seperti besi, fosfor, kalsium dan natrium . Nah, yang mau sehat bisa cobain nih, cocok juga buat cemilan…






Oke,,,, Mudah-mudahan apa yang udah Udet share bisa bermanfaat bagi Akang n Teteh. Jika Akang n Teteh suka artikel ini, Udet cuman minta Akang n Teteh cukup klik ikon facebook di bawah ini sebagai penghargaan kecil bagi kemajuan blog kami. Terima Kasih atas kunjunganya.


sumber: 
http://id.wikipedia.org/wiki/Tahu_Sumedang
http://id.shvoong.com/business-management/1909458-asal-usul-tahu-sumedang/
http://travel.kompas.com/read/2012/01/07/06465637/Tahu.Sumedang.Lezat.berkat.Air.Tampomas
http://travel.kompas.com/read/2011/04/21/09295357/Tahu.Bunkeng.Perintis.Tahu.Sumedang
http://desacilembu.blogspot.com/2012/03/sejarah-tahu-bungkeng.html
http://achillesthemighty.multiply.com/journal/item/10/Tahu_Awet_Tanpa_Formalin


1 komentar:

  1. kereeennnn..... follow my blog juga ya... firmanzurig.blogspot.com

    BalasHapus